phone: 0838-139-43017
e-mail: radan_stromer@yahoo.co.id

Apa Yang Baru Dari Joomla 2.5


Buat yang sudah pernah menggunakan Joomla 1.7 sepertinya secara sepintas tidak ada perbedaan dengan versi 2.5 ini, namun bagi yang terbiasa menggunakan Joomla 1.5 dan belum pernah menggunakan Joomla 1.7 maka perbedaanya akan sangat nyata, dimana interfacenya berubah 100%, termasuk juga sistem managemen contentnya yang berubah menjadi lebih mudah.
Selain interface yang berubah menjadi lebih mudah digunakan, mengingat pada versi 1.5 penggunaanya cukup membuat pemula kesulitan dalam mengerti sistem penggunaan Joomla terutama pada managemen content, dimana pemula akan lebih merasa nyaman dan mudah menggunakan WordPress dibanding Joomla versi 1.5.

Beberap Fitur Terbaru dari Joomla versi 2.5 adalah :
Smart Search (Pencarian Pintar)
Joomla 2.5 menyadari bahwa seseorang datang ke sebuah website untuk menemukan informasi yang terkandung di dalam content, pada versi ini developernya memberikan fitur pencarian content yang lebih akurat dan contextual untuk memuaskan pengunjung yang mencari suatu informasi.

Penggunaan Platform Yang lebih Luas
Joomla 2.5 memberikan kebebasan bagi penggunanya dalam memilih platform untuk menjalankan sistem Joomla, jika pada versi sebelumnya Joomla dapat tampil sempurna pada hosting linuk dengan MySql sebagai data basesnya, meski tetap dapat berjalan pada hosting Windows namun ada keterbatasan. Pada versi terbaru ini team developernya memberikan ruang bagi penguna SQL Server yang berjalan pada hosting berbasis Windows dari Microsoft. Dilengkapi juga degan driver PostgreSQL dan Oracle makin membuat Joomla disenangi oleh penggunanya.

Penambahan Fitur Captcha
Menyadari aksi spam yang bikin kesel para pengguna Joomla, maka pada versi 2.5 penggunanya tidak perlu repot-repot lagi harus menginstal extension captcha karena sudah secara otomatis diberikan oleh sistem untuk mencegah spamer membanjiri email.

Dukungan Multiple Bahasa
Mengingat Joomla sudah sangat populer dan digunakan dibanyak negara tentunya memang memerlukan dukungan multiple bahasa, pada versi 1.5 untuk dapat menggunakan multiple bahasa harus menginstal extension dan melakukan serangkaian pensettingan yang kadang membuat repot bagi yang tidak terbiasa. Pada versi 2.5 ini Joomla memberikan dukungan multiple bahasa untuk mempermudahkan penggunanya.

Lay Out Modern
Sebenarnya di sini kelebihan Joomla 2.5 dimana diberikan tata lay out modern yang membuat penggunanya makin betah melakukan utak-atik theme untuk membuat tampilan website yang secantik-cantiknya. Coba saja gunakan Joomla versi 2.5 meski dengan menggunakan theme gratisan hasil design tetap terlihat modern, masih banyak keunggulan 2.5 yang akan merebut hati pada web designer.  Dan tentunya fitur-fitur tersebut akan terus bertambah, Joomla 2.5  siap sedia menemani web designer mendulang uang di tahun naga air.
Terimakasih untuk team developer yang telah memberikan warisan teknologi yang membatu berkembangnya bisnis online di negeriku Indonesia, semoga Presiden dan DEPKOMINFO dapat menyadari kerja gotong royong pada developer Joomla ini yang bahu membahu membangun sebuah sistem untuk dapat digunakan seluas-luasnya bagi kemajuan bersama.



Terima kasih lagi untuk 

Su Rahman

Artikel anda sungguh bermanfaat